Kelas : 4EB22
NPM : 29213323
Nama Jurnal
|
Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
|
Volume / Halaman
|
Vol. 5, No. 1,
Maret 2003: 1 - 16
|
Nama Penulis
|
Devie
|
Judul Jurnal
|
Mengkaji Peluang Pasar
Internasional Melalui Kinerja Ekonomi Negara-Negara Uni Eropa
|
Tanggal Jurnal
|
Maret 2003
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk melihat peluang
memasuki pasar Uni eropa dengan melihat kinerja keuangan negara negara yang
tergabung dalam EU yang diukur dari indikator ekonomi negara-negara tersebut.
|
Metode Penelitian
|
-
|
Variabel Penelitian
|
-
|
Hasil Penelitian
|
-
|
Kesimpulan Penelitian
|
Dengan melihat
indikator ekonomi maka dapat dibuat garis besar bahwa :
1. Besarnya proporsi
perdagangan Internasional terhadap angka GDP menunjukan negara Uni Eropa
makin membuka diri dan menggantung aktivitas ekonomi negara tersebut dengan
negara lain.
2. Secara keseluruhan
ekonomi dunia mengalami penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi, khusunya
Amerika Serikat. Tetapi Negara yang tergabung dalam uni eropa (EU) menunjukan
penurunan yang lebih kecil.
3. Peluang untuk
memasuki pasar Eropa dapat dilakukan baik dengan ekspor maupun investasi
langsung. Perdagangan Indonesia dengan negara Uni Eropa mengalami
surplus neraca perdagangan, bahkan menduduki peringkat pertama dalam total
ekspor Indonesia. Walaupun tanpa mengetahui negara mana saja melakukan
investasi langsung ke negara Uni Eropa, data menunjukan peningkatan investasi
langsung di negara Uni Eropa yang berarti semakin banyak negara di luar Eropa
yang melihat sisi positip pasar di EU. Hal ini merupakan peluang bagi
Indonesia untuk melakukan investasi langsung.
4. Dibanding dolar
mata uang pondsterling dan Euro cenderung memiliki volatilitas yang lebih
rendahm, hal ini berdampak pada lebih kecilnya resiko bertransaksi dengan
Euro dan pondsterling.
5. Tingkat GDP per
kapita yang lebih tinggi dari Indonesia dan cenderung meningkat walaupun
secara total GDP mengalami penurunan. Hal ini merupakan peluang, karena
terjadi peningkatan daya beli masyarakat di negara EU.
6. Populasi di negara
Uni Eropa menduduki posisi ketiga terbesar di dunia disertai dengan tingginya
tingkat GDP perkapita, merupakan pasar yang sangat besar bagi
perusahaanperusahaan di luar EU termasuk Indonesia
7. Pasar Eropa akan
makin menarik pada tahun 2004 dengan masuk 13 negara kandidat yang secara
pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dibanding negara Uni Eropa, sehingga
merupakan peluang pasar bagi negara lain termasuk Indonesia.
|
Pendapat Mengenai
Jurnal
|
Jurnal ini cukup
menarik pembahasannya, dengan mamahami jurnal ini maka dapat menambah wawasan
mengenai peluang pasar internasional melalui kinerja ekonomi negara-negara
Uni Eropa
|
0 komentar:
Posting Komentar