Senin, 01 Mei 2017

REVIEW JURNAL 5

Nama : Winda Maulina
Kelas : 4EB22
NPM : 29213323

Nama Jurnal
Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE)
Judul Jurnal
Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Pengungkapan laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Di Indonesia
Volume / Halaman
Vol 22, No 1 25 / 25-33
Nama Penulis
Ririn Hendriyanti & Afrizal tahar
Tanggal Jurnal
Maret 2015
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan dalam laporan keuangan dari pemerintah provinsi di Indonesia
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 
 purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah ringkasan dari Laporan Keuangan Pemeriksaan Hasil Pemerintah Provinsi di Indonesia yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan jumlah penduduk diperoleh dari Buku Statistik Indonesia. Dalam penelitian ini, sampel termasuk 30 provinsi dengan periode pelaporan 3 tahun yaitu dari tahun 2012 hingga tahun 2014. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan analisis data panel.
Variabel Penelitian
Variabel Bebas : Tingkat Pengungkapan
Variabel Terikat : Tingkat Ketergantungan, Rasio PAD , Belanja Modal, Jumlah Penduduk, Temuan audit
Hasil Penelitian
Rata-rata tingkat pengungkapan dalam Catatan atas laporan Keuangan selama tahun 2012 hingga tahun 2014 adalah 41,7663%.

Variabel tingkat ketergantungan memiliki nilai koefisien regresi sebesar -0.084 dengan signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α (0.05) . Tingkat ketergantungan berpengaruh negative terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi. Hal ini menunjukkan bahwa dana alokasi umum yang diterima daerah tidak mempengaruhi tingkat pengungkapan

Variabel Pendapatan Asli Daerah memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0.150 lebih besar dari α (0.05) . Pendapatan Asli Daerah tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi. Pendapatan asli daerah menunjukkan, bahwa tingginya tingkat kekayaan suatu daerah tidak akan secara otomatis melakukan pengungkapan informasi yang tinggi pula.

Variabel Belanja modal memiliki koefisien regresi sebesar 0.126 dengan signifikansi sebesar 0.002 lebih kecil dari α (0.05). Belanja modal memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsiBelanja modal memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi.

Variabel Jumlah Penduduk memiliki nilai koefisien regresi sebesar 2.947 dengan signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α (0.05). Jumlah penduduk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsiJumlah penduduk,menunjukan bahwa jumlah penduduk merupakan proksi dari tingkat kompleksitas pemerintah. Semakin tinggi jumlah penduduk maka semakin kompleks pemerintahan tersebut sehingga semakin tinggi tingkat pengungkapannya.

Variabel Temuan audit memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0.011 dengan signifikansi sebesar 0.208 lebih besar dari α (0.05). Temuan audit tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsiTemuan audit tidak berpengaruh, disebabkan karena BPK akan memberikan saran kepada pemerintah provinsi untuk memperbaiki temuan-temuan audit yang mereka temukan, dengan adanya perbaikan maka opini yang diberikan akan mendapatkan opini wajar. Sehingga jumlah temuan audit tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan.
Kesimpulan Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian dapat  ditarik kesimpulan yaitu tingkat ketergantungan berpengaruh negative terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi, Pendapatan Asli Daerah tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsiBelanja modal memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi,Jumlah penduduk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi, dan Temuan audit tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi.
Pendapat Mengenai Jurnal
Menurut kelompok kami secara keseluruhan isi dari jurnal ini sudah baik, hanya saja terdapat beberapa variabel independen yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hal tersebut mungkin dapat dipengaruhi oleh factor lingkugan, social dan objek yang diteliti.  Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat menyajikan rentang waktu penelitian yang lebih panjang dan menambah variabel indepen yang dapat memiliki pengaruh yang lebih besar dalam hal pengungkapan yang dilakukakan oleh pemerintah provinsi.

1 komentar:

trisna mengatakan...

Terimakasih, Artikel anda sangat menarik
Jangan lupa kunjungi :

Website Kami

Posting Komentar

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo