Jumat, 30 Mei 2014

Teori Pertumbuhan Ekonomi Bertahap



Walt Whitman Rostow (7 Oktober 1916 – 13 Februari 2003) adalah seorang ahli ekonomi dan politikus yang bekerja kepada National Security Advisor pada masa pemerintahan [Presiden Johnson/Lyndon Baines Johnson]] di Amerika Serikat. Ia berperan penting dalam pembentukan kebijakan Amerika Serikat di Asia Tenggara selama tahun 1960 dan dia merupakan musuh dari komunis. Ia bekerja sebagai penasehat utama selama pemerintaha John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson. Ia mendukung intervensi militer Amerika Serikat dalam Perang Vietnam.
http://1.bp.blogspot.com/-VjmrUJN3UNM/U2uWqPulWOI/AAAAAAAAAOo/Ge2_psWnGn0/s1600/rostow.jpg

Walt Whitman Rostow
Menurut W.W. Rostow mengungkapkan teori pertumbuhan ekonomi dalam bukunya yang berjudul The Stages of Economic Growth menyatakan bahwa pertumbuhan perekonomian dibagi menjadi 5(lima) sebagai berikut:
a.       Masyarakat Tradisional (The Traditional Society)
Rostow, melihat tahap-tahap perkembangan ekonomi pada tahap permulaan (tradisional) sebagai perekonomian yang memilih fungsi produksi yang terbatas. Namun sebenernya perubahan-perubahan ekonomi selalu ada. Hal ini dapat dilihat dari adanya perubahan didalam perdagangan dan tingkat pertumbuhan produksi pertanian.
1.       Merupakan masyarakat yang mempunyai struktur dalam fungsi-fungsi produksi yang terbatas
2.       Belum ada ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
3.       Terdapat suatu batas tingkat output per kapita yang dapat dicapai.
b.      masyarakat  pra kondisi untuk periode lepas landas (The Preconditions for Take Off)
Tahap ini merupakan tahap yang diberlakukan agar perkembangan ekonomi dapat lepas landas tahap ini biasanya dicirikan oleh pertumbuhan perlahan-lahan dan inovasi.
1.       Merupakan tingkat pertumbuhan ekonomi dimana masyarakat sedang berada dalam proses transisi.
2.       Sudah mulai penerapan ilmu pengetahuan modern ke dala fungsi-fungsi produksi baru, baik di bidang pertanian maupun di bidang industri.
c.       Periode Lepas Landas (The Take Off)
Tahap ini merupakan tercapainya perkembangan pesat pada sektor-sektor tertentu yang telah menggunakan teknik produksi modern. Dalam tahap ini penerapan teknik-teknik baru dalam hal industri dapat berjalan dengan sendirinya.
1.                merupakan interval waktu yang diperlukan untuk mendobrak penghalan-penghalang pada pertumbuhan yang berkelanjutan.
2.                Kekuatan-kekuatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi diperluas.
3.                Tingkat investasi yang efektif dan tigkat produksi dapat meningkat.
4.                Investasi efektif serta tabungan yang bersifat produktif meningkat atau lebih dari jumlah pendapatan nasional.
5.                Industri-industri baru berkembang dengan cepat dan industri yang sudah ada mengalami ekspansi dengan cepat.
d.      Gerak Menuju Kedewasaan (Matury)
Tahap ini memperlihatkan adanya kematangan ekonomi, yaitu suatu periode ketika masyarakat secara efektif menerapkan teknologi modern terhadap sumber-sumber ekonomi.
1.       Merupakan perkembangan terus-menerus dimana perekonomian tumbuh secara teratur serta lapangan usaha bertambah luas dengan penerapan teknologi modern.
2.       Investasi efektif secara tabugan emningkat dari 10% hingga 20% dari pendapatan nasional dan investasi ini berlangsug sangat cepat.
3.       Output dapat melampaui pertambahan jumlah penduduk.
4.       Barang-barang yang dulunya di impor, kini sudah dapat dihasilkan sendiri.
5.       Tingkat perekonomian menunjukan kapasitas bergarak melampaui kekuatan industri pada masa take off dengan penerapan teknologi modern.
e.      Tingkat Konsumsi Tinggi(High Mass Consumption)
1.       Sektor-sektor industri merupakan sektor yang memimpin (leading sector) bergerak ke arah produksi barang-barang konsumsi tahan laam dan jasa-jasa.
2.       Pendapatan riil per kapita selalu meningkat sehingga sebagian besar masyarakat mencapai tingkat konsumsi yang melampaui kebutuhan bahan pangan dasar, sandang, dan pangan.
3.       Kesempatan kerja penuh sehingga pendapatan nasional tinggi.
4.       Pendapatan nasional yang tinggi memenuhi tingkat konsumsi tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo